Senin, 05 September 2016

pengertian atom, molekul, unsur dan senyawa

ATOM, MOLEKUL, UNSUR DAN SENYAWA
1. ATOM
            Atom adalah satuan terkecil dari suatu materi yang tidak dapat dibagi lagi yang terdiri atas inti, yang biasanya mengandung proton (bermuatan positif), neutron (netral), dan elektron (bermuatan negatif). Ada juga yang menyebutkan bahwa atom adalah partikel penyusun unsur.
Analogi sederhananya saya suka menulis, ceritanya saya punya 5 teman yang punya hobi menulis, sehingga kita simpulkan kelima teman saya punya kebiasaan yang sama dengan saya. Jadi
teman saya = atom
sama-sama hobi nulis = punya jumlah proton dan elektron yang sama/ berkebiasaan sama
saya = unsur
2. MOLEKUL

          Molekul adalah gabungan dari beberapa atom yang terdiri dari dua atom atau lebih. Apabila suatu molekul terdiri dari atom-atom yang sejenis, maka molekul tersebut disebut molekul unsur, contohnya O2, H2, N2 dan sebagainya. Sedangkan apabila suatu molekul terdiri dari atom-atom yang berbeda jenisnya disebut molekul senyawa, contohnya H2O, HCl, CO2, dan sebagainya. 

3. UNSUR
         Unsur adalah zat murni yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa. Contohnya oksigen (O), belerang (S), nitrogen (N), dan sebagainya.

4. SENYAWA
          Senyawa adalah gabungan dari dua unsur atau lebih melalui reaksi kimia sehingga menjadi zat baru yang sifatnya berbeda dari unsur penyusunnya. Contohnya :
- H2O (air) yang tersusun atas unsur Hidrogen (H) dan Oksigen (O) 
- CO2 (karbondioksida) yang tersusun atas unsur Karbon (C) dan Oksigen (O)


           Dalam kimia organik, dimana cabang ilmu ini mempelajari senyawa organik yaitu suatu senyawa yang mengandung unsur C, H, O, P, S, N, dan golongan VIIA.
Berikut ini sifat-sifat dari senyawa organik adalah :
1. Mudah terbakar.
2. Titik didih dan titik leleh rendah.
3. Mempunyai sifat yang kurang dapat meleleh di dalam air.
4. Senyawa organik biasanya ada dalam bentuk molekul (bukan dalam bentuk ion)


7 komentar:

  1. Asalamualaikum
    bisa anda jelaskan maksud dari analogi sederhana dan apa hubungannya dengan pengertian atom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Warahmatullah^^
      maksud dari analogi sederhana ini adalah untuk lebih memudahkan kita mengerti akan sesuatu yang sulit dipahami secara pemikiran kita, hubungannya dengan pengertian atom adalah supaya kita lebih mudah memahami mengenai atom karena atom ini kan bentuknya tidak bisa kita bayangkan. Menurut saya seperti itu, Terima kasih ^^

      Hapus
  2. assalamualaikum anisa..
    saya rini anjani ingin bertanya kapan suatu atom dikatakan sebagai partiker penyusun suatu unsur
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Warahmatullah kak rini^^
      Atom adalah suatu satuan dasar materi, yang terdiri atas inti atom serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya. Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif, dan neutron yang bermuatan netral (kecuali pada inti atom Hidrogen-1, yang tidak memiliki neutron). Elektron-elektron pada sebuah atom terikat pada inti atom oleh gaya elektromagnetik. Sekumpulan atom demikian pula dapat berikatan satu sama lainnya, dan membentuk sebuah molekul. Atom yang mengandung jumlah proton dan elektron yang sama bersifat netral, sedangkan yang mengandung jumlah proton dan elektron yang berbeda bersifat positif atau negatif dan disebut sebagai ion. Atom dikelompokkan berdasarkan jumlah proton dan neutron yang terdapat pada inti atom tersebut. Jumlah proton pada atom menentukan unsur kimia atom tersebut, dan jumlah neutron menentukan isotop unsur tersebut.
      Pada tahun 1803, John Dalton menggunakan konsep atom untuk menjelaskan mengapa unsur-unsur selalu bereaksi dalam perbandingan yang bulat dan tetap, serta mengapa gas-gas tertentu lebih larut dalam air dibandingkan dengan gas-gas lainnya. Ia mengajukan pendapat bahwa setiap unsur mengandung atom-atom tunggal unik, dan atom-atom tersebut selanjutnya dapat bergabung untuk membentuk senyawa-senyawa kimia.
      Pada tahun 1913, ketika bereksperimen dengan hasil proses peluruhan radioaktif, Frederick Soddy menemukan bahwa terdapat lebih dari satu jenis atom pada setiap posisi tabel periodik. Istilah isotop kemudian diciptakan oleh Margaret Todd sebagai nama yang tepat untuk atom-atom yang berbeda namun merupakan satu unsur yang sama. J.J. Thomson selanjutnya menemukan teknik untuk memisahkan jenis-jenis atom tersebut melalui hasil kerjanya pada gas yang terionisasi.
      Terima Kasih^^

      Hapus
  3. assalamu'allaikum wr wb ,saya ingin sedikit menambahkan,

    Afinitas Elektron dalam Tabel Periodik
    Nilai afinitas elektron untuk beberapa unsur dalam satu golongan dan satu periode tidak teratur. Sebagai contoh, unsur-unsur dalam golongan IIIA, IVA, dan VA. Meskipun demikian, secara umum keperiodikan afinitas elektron dalam tabel periodik adalah dalam satu periode, dari kiri ke kanan, afinitas elektron cenderung semakin besar. Adapun dalam satu golongan, dari bawah ke atas, afinitas elektron cenderung semakin besar.

    Afinitas Elektron Terbesar
    Semua unsur golongan utama mempunyai afinitas elektron bertanda negatif. Kecuali unsur alkali tanah (IIA) dan gas mulia (VIIIA). Afinitas elektron terbesar dimiliki oleh unsur halogen (VIIA) karena unsur golongan ini yang paling mudah menangkap elektron. Jadi, unsur yang memiliki afinitas elektron terbesar adalah Klor dengan nilai afinitas –349,0.
    Afinitas Elektron Terkecil
    Afinitas elektron terkecil menurut kecenderungan tabel periodik adalah Fransium. Tetapi pada kenyataannya afinitas elektron terkecil adalah berilium dengan nilai afinitas +240,0.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Warahmatullah henisa^^
      Alhamdulillah, terima kasih atas tambahannya henisa, semoga bisa bermanfaat bagi yang membuka artikel ini^^

      Hapus
  4. Assalamualaikum Kak, Saya Mau Nanya Apa Itu Materi...
    Soalnya Di Situ Tidak Di Jelaskan

    BalasHapus